Site Loader
Tiket
Bandara Internasional Juan Santamaria Sebagai Bandara Tersibuk Di Kosta Rika

Bandara Internasional Juan Santamaria Sebagai Bandara Tersibuk Di Kosta Rika – Aeropuerto Internacional Juan Santamaría atau dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai Bandara Internasional Juan Santamaría merupakan bandara yang terletak di Kosta Rika. Lebih tepatnya berada di sekitar 20 km dari pusat Kota San Jose yang menjadi penghubung utama TACA ataupun Lasca serta memiliki fokus pada Copa Airlines. Namanya diambil dari nama sebuah pahlawan yang telah banyak berkorban dan berjuang yakni pahlawan nasional Kosta Rika yang bernama Juan Santamaria. Beliau ialah seorang penabuh genderang yang sangat banyak berjasa bagi Negaranya yang saat itu mendapat serangan dari pasukan bayaran yang dipimpin oleh salah satu warga Amerika yakni William Walker. Ia gugur sebagai pahlawan nasional pada tahun 1856.

Keberadaan bandara internasional Juan Santamaria menjadi satu-satunya bandara terbesar dan utama dalam melayani sejumlah wisatawan yang datang dari Amerika, Kanada ataupun Eropa. Meski terdapat beberapa bandara internasional di sekitarnya, namun keberadaan Juan Santamaria menjadi paling utama karena total pelayanannya telah mencapai lebih dari 4,1 juta penunpang. Oleh sebab itu, tidak heran jika bandara ini kerap disebut sebagai salah satu bandara tersibuk di kawasan Amerika Tengah. Lokasinya sangat memungkinkan untuk dijadikan sebagai landasan operasi pesawat besar dengan badan lebar seperti misalnya jenis pesawat boing 747, boing 767, airbus A330, airbus A340 dan beberapa jenis pesawat kargo. Disamping itu, bandara ini juga sempat menjadi tempat pendaratan pesawat cancorde pada ajang pameran dirgantara pada tahun 1999 lalu. Maskapai utama yang bergerak ialah TACA/Lansa sebagai anak perusahaan TACA Sansa yang menggerakkan penerbangan dengan rute domestik. Melalui bandara ini pemerintah Kosta Rika menarik pajak keberangkatan sebesar AS$ 26 yang bisa dibayarkan secara tunai di bandara ataupun melalui hotel ataupun bank.

Bandara Internasional Juan Santamaria mampu menampung sebanyak 17 pesawat komersial dalam waktu bersamaan. Memiliki ruang tunggu sebanyak 3 bagian yang berada di lantai pertama bersebelahan dengan ruang VIP yang biasa digunakan untuk keberangkatan domestik ataupun regional. Adapun total gerbang yang dimiliki ialah 17, gerbang 4 dan 5 dibangun di tengah-tengah terminal penumpang sedangkan 9 gerbang lainnya didesain dengan garbarata. Selanjutnya, mengenai riwayat pengoperasian bandara Juan Santamaria yang termuat dalam perencanaan pembangunan pemerintah Kosta Rika pada tahun 2001 sampai tahun 2009 dilakukan oleh Alterra Partners. Setelah tahun 2009, Houston, ADC & HAS dan perusahaan Brazil, Andrade Gutierrez Concessoes (AGC) mengambil alih posisi yanh sebelumnya diduduki oleh Altera Partness dengan basis AGI betchel, SRL.

Bandara Internasional Juan Santamaria Sebagai Bandara Tersibuk

Sedangkan jalur transportasi darat yang tersedia di Bandara Juan Santamaria ialah bus dengan halte atau tempat pemberhentian yang terletak di luar bandara. Halte dalam bandara ini memiliki rute pemberhentian sebanyak 2 arah yakni rute bus Alajuela – San José. Disamping itu, tersedia juga taksi berlisensi yang biasanya bisa disewa penumpang dengan metode pembayaran AS$ ataupun Colones. Pada umunnya taksi berlisensi yang beroperasi di bandara berwarna orange. Sedangkan taksi berwarna merah dengan segitiga kuning di bagian pintunya sebagai tambahan jika diperlukan. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir ketika melakukan trip melalui Bandara Internasional tersibuk di Amerika Tengah ini mengingat berbagai fasilitas dan sarana penunjangnya telah tersedia dengan baik. Satu hal yang perlu Anda ketahui sebelumnya yakni persiapkan mata uang AS$ ataupun Colones karena kebanyakan transaksi di bandara ini tidak menerima bentuk mata uang lain.

Post Author: fly2jos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!